Minggu, Juni 22, 2008

Turki: Siap Jadi Raksasa Baru

SETIAP turnamen sepakbola digelar, selalu saja ada kejutan yang muncul. Pun di pagelaran Euro 2008. Pelakunya kali ini adalah si kuda hitam, Turki. Negeri yang dulunya berasal dari dunia 'antah berantah' di level Eropa ini, tampil sangat impresif. Di fase grup, mereka menghadang laju tim unggulan Ceko, terakhir mereka lolos ke semifinal guna menantang Jerman, setelah di babak perempatfinal tiga hari lalu mampu menjungkalkan tim yang lebih diunggulkan Kroasia.
Meski tetap merendah, obsesi mereka makin meluap. Pelatih Fatih Terim merasa Turki telah siap untuk menjadi satu kekuatan di sepakbola dunia. Omongan pelatih berusia 55 ini memang cukup beralasan. Setelah membangun generasi Hakan Sukur dkk, kini giliran Nihat Khaveci dkk yang memberi andil. Ia pun merasa pencapaian kali ini sangat unik.
"Apa yang terjadi pada tim kami adalah sebuah keunikan dalam sejarah kami, kami siap untuk menjadi satu kekuatan baru di sepakbola dunia. Para pendukung kami sangat bangga pada tim ini, begitupun kami, jelas bangga pada dukungan mereka yang tak pernah berhenti,"tegas Terim, di BBC, Minggu (22/6).
Kekuatan Turki memang terletak pada semua lini yang bisa berjalan seimbang. Beberapa sektor menjadi dominasi serangan mereka, namun yang paling sering adalah via tengah dan sayap, sangat jarang menggunakan bola-bola diagonal dan umpan lambung silang ke depan gawang.
Tim ini juga sangat berbahaya di area penalti. Catatan enam gol, lima di antaranya dilesakkan dari area penalti. Ini membuktikan betapa ganasnya skuad Terim di area 16 pas lawan ini.
Melawan Jerman di babak semifinal yang akan dihelat Kamis (26/6) dinihari WIB besok di St Jakob Park Basel, ambisi Turki tetap sama, yakni tampil dominan di sayap.
Gelandang Colin Kazim Richards menyebut, sisi itu bakal menjadi pertarungan terketat. Ambisi pribadi pun diusung pemain asal Fenerbahce itu, yang tidak hanya ingin memberikan kado istimewa untuk Turki, tapi juga untuk negara asalnya, Inggris.
"Aku telah mengalahkan Kroasi, yang menyingkirkan Inggris, kini giliran Jerman yang bakal kulindas untuk memberi kado bagi Inggris, jika kami mengalahkan Inggris, mereka juga akan berpesta,"ujar pemain yang sempat bermain di beberapa klub Inggris seperti Bury, Brighton & Hove Albion serta Sheffield United, sebelum pindah ke Fenerbahce. (persda network/bud)

Sembilan Pemain Bakal Absen
PERFORMA mengesankan di fase grup dan mampu menjungkalkan tim yang lebih diunggulan, Kroasia, di babak perempatfinal tidak hanya memberi hadiah istimewa bagi Turki.
Namun di sisi lain, penampilan ciamik tersebut harus dibayar mahal. Bahkan di baabak semifinal melawan Jerman nanti, skuad Fatih Terim ini terancam tidak diperkuat sembilan pemain sekaligus!.
Pemain yang dipastikan tidak main akibat akumuluasi kartu kuning dan kartu merah antara lain Emre Asik, Tuncay Sanli, Arda Turan dan Volkan Demirel. Sementara pemain yang masuk golongan cedera ada pada Emre Güngör, Servet Çetin, Emre Belözoglu dan Tümer Metin. Namun khusus golongan ini, kemungkinan untuk bermain melawan Der Panzer masih terbuka, kabarnya tim dokter Turki dan tim dokter UEFA terus mencoba terapi agar mereka cepat sembuh.
Namun yang paling menyesakkan adalah peluang kecil bagi striker handal Nihat Kahveci untuk merumput pada laga di St Jakob Park, Basel, Kamis (26/6) dinihari WIB nanti. Tiga menit sebelum waktu normal selesai, pemain asal klub Villareal ini terlihat memegang paha dan betis sembari meringis kesakitan.
Tim Turki pun segera mengevakuasi Kahveci ke rumah sakit di kota Basel. Ia pun harus menjalani prosesi scanner yang hasilnya menjadi berita buruk bagi tim Turki. Pasalnya pengemas dua gol kala menaklukkan Ceko itu diperkirakan harus mendapat perawatan intensif.
"Kahveci dalam keadan stabil, namun cedera yang menimpanya harus kami terapi paling tidak 2-3 hari mendatang, kemungkinan ia baru bisa tampil pada laga final nanti,"rilis tim Turki, seperti dirilis Turkey Post, Minggu (22/6). (persda network/bud)



Statistik umum Turki
Total gol: 6
gol dari area penalti: 5
gol dari luar kotak penalti: 1
Gol kemasukan:6
gol dari penalti area: 6
gol dari luar kotak penalti: -
Pencetak gol:
Nihat Kahveci : 2
Semih Sentürk : 2
Arda Turan : 2


Waktu mencetak gol:
Waktu Jumlah gol
Menit 1-15 0
Menit 16-30: 0
Menit 31-45: 0
Menit 46-60: 1
Menit 61-75: 1
Menit 76-90: 3

Waktu kebobolan
Waktu Jumlah gol
Menit 1 and 15 -
Menit 16 and 30 -
Menit 31 and 45 2
Menit 46 and 60 0
Menit 61 and 75 2
Menit 76 and 90 1





Total tembakan: 44
Tembakan area penalti : 19
Tembakan luar penalti : 25
Shots on goal pemain:
Pemain Total shots on goal
Tuncay Sanli 4
Arda Turan 3
Nihat Kahveci 2
Semih Sentürk 2
Hamit Altintop 1
Servet Çetin 1
Mevlüt Erdinç 1
Kazim Kazim 1


Tendangan sudut: 20
Penendang jumlah
Nihat Kahveci 17
Tuncay Sanli 1
Hamit Altintop 1
Ugur Boral 1

Umpan matang (Assists): 9
Pemain jumlah
Hamit Altintop 3
Rüstü Reçber 1
Nihat Kahveci 1
Tuncay Sanli 1



Offsides
Pemaina Jumlah
Tuncay Sanli 3
Gökdeniz Karadeniz 2
Semih Sentürk 2

Lini penyerangan Jumlah
Dari kiri 19
Dari kanan 16
Dari tengah 11

Pelanggaran: Jumlah
Melanggar 87
Dilanggar 62
Paling banyak melanggar Tuncay Sanli 12 kali
Arda Turan 8
Kazim Kazim 8
Paling banyak dilanggar Nihat Kahveci 9
Arda Turan 8
Servet Çetin 7
Hamit Altintop 6
Kartu kuning: 14
Kartu merah: 1

Pemain Jumlah kartu kuning
Tuncay Sanli 2
Arda Turan 2
Mehmet Aurélio 2
Emre Asik 2
Sabri Sarioglu 1
Mehmet Topal 1
Kazim Kazim 1
Hakan Balta 1
Ugur Boral 1
Gökhan Zan 1
Kartu merah
Volkan Demirel 1


Total umpan: 1725
Pemain Jumlah
Hamit Altintop 191
Tuncay Sanli 177
Hakan Balta 174
Mehmet Aurélio 127
Nihat Kahveci 126


Statistik umum:
Total gol: 6
Total tembakan: 44
Penyerangan: 46
Kartu kuning: 14
Karu merah: 1
Total umpan: 1725
Umpan terarah: 70%

Tidak ada komentar: