Kamis, Juni 05, 2008

Donadoni Perpanjang Kontrak

LAMA hanya menjadi berita gosip di seputar persepakbolaan Italia, Roberto Donadoni mengambil sikap menyetujui tawaran FIGC untuk perpanjangan masa kerjanya menjadi pelatih timnas Italia. Mantan pelatih Livorno itu setuju untuk masa kerja dua tahun lagi, artinya tugas berat sudah berada di depan mata untuk mengantar Gli Azurri ke ajang Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Prosesi penandatangan tersebut diambil pria berusia 44 tahun itu, Rabu (4/6) kemarin.
Federasi sepak bola Italia atau FIGC sebetulnya sudah mengumumkan perpanjangan kontrak itu pada 20 Mei lalu. Namun, kontrak itu belum ditandatangani Donadoni. Beberapa alasan sempat mengemuka, namun yang paling mencuat adalah pemberitaan media massa yang mengkritiknya karena tak membawa Alessandro Del Piero dalam skuad timnas. Tekanan makin besar ketika Donadoni 'meniadakan' Francesco Totti dengan alasan tak mengenal kepribadian ikon AS Roma itu.
Donadoni pertama kali memandori Italia pada Juli 2006 untuk menggantikan pelatih sebelumnya, Marcello Lippi. Mantan pelatih Livorno tersebut diberi target meloloskan Italia ke semifinal Euro 2008 setelah 20 tahun gagal mencapai babak tersebut. Sejak keikutsertaannya pada 1960, Italia baru sekali memenangi kejuaraan antarnegara di Eropa tersebut, yakni pada 1968. (persda network/bud)

Tidak ada komentar: