Selasa, Juni 10, 2008

Tiket Perempatfinal Pertama

Republik Ceko vs Portugal
Live RCTI
Rabu (11/6), pukul 22.30 WIB

Di laga pertama, Republik Ceko dan Portugal memetik tiga poin penuh atas lawan-lawannya. hasil tersebut membuat kedua tim hanya butuh satu kemenangan lagi untuk lolos dari penyisihan Grup A Euro 2008. Karena itu, pada laga di Stade de Geneva, Berne, Rabu (11/6), keduanya bakal melangsungkan pertandingan ketat untuk memperebutkan tiket pertama melaju ke babak perempatfinal. Baik Ceko maupun Portugal telah menunjukkan performa impresif jelang duel tersebut. 36 jam sebelum laga digelar, semua pemain kedua tim berada dalam kondisi fit dan tidak yang mengalami cedera.
Untuk mengejar tiket pertama tersebut, bek kiri Marek Jankulovski, menyatakan timnya harus bisa mengoptimalkan setiap peluang yang ada untuk membobol gawang Portugal. Menurutnya, Seleccao tengah berada dalam puncak penampilan hingga sulit untuk dibobol.
"Kami tahu melawan Portugal bakal lebih berat dibandingkan menghadapi Swiss. Mereka memiliki pemain-pemain berkualitas dunia yang bisa membuat kami mendapatkan kesulitan kapan saja," kata bek AC Milan itu dikutip Xinhua, Selasa (10/6).
Jankulovski memberi contoh, seperti ketika menghadapi Swiss, mereka mendapatkan satu-satunya peluang emas dan itu berhasil dimanfaatkan striker pengganti Vaclav Sverkos untuk membawa kemenangan bagi semifinalis Euro 2004 dan finalis tahun 1996 itu.
Sverkos yang menjadi pahlawan kemenangan Ceko atas Swiss juga sejalan dengan harapan Jankuloski. "Portugal salah stau tim favorit. Tentu Anda bakal menemukan pertandingan yang lebih sulit lagi bagi kami lawannya," kata pmainberusia 24 tahun itu.
Target Bek
Untuk pemain yang menjadi target bek-bek Ceko, nama Cristiano Ronaldo menjadi sosok terdepan yang menjadi pemain paling diwaspadai. Namun Jankulovski juga menyatakan kalau winger MU tersebbut bukan sosok tunggal
"Ronaldo adalah pemain dengan kemampuan luar biasa. Semua orang membicarakanya. Tapi dia tidak sendirian. Meeeka (Portugal) memiliki sejumlah pemain berbahaya. Deco bintang di tengah, (Nuno) Gomes bahaya di depan, sebagaimana Simao (Sabrosa) dan (Ricardo) Quaresma," hitungnya.
"Saya melihat tim yang fantastis pada penampilan Portugal. Mereka memiliki skill yang mengagumkan. Mereka juga menyerang dengan bagus," tambah bek berusia 31 tahun itu dikutip The Press Association.
Ceko sendiri juga memiliki pengalaman bagus saat bertemu Portugal. Terakhir pasukan Kereta Api Cepat mengalahkan Portugal 1-0 di perempatfinal Euro 1996. Mereka menang melalui gol tunggal Karel Poborsky, di menit ke-53 membobol gawang Vitor Baia.
Sementara itu, kubu Seleccao yang memainkan laga ini sebagai tim tamu, yakin bisa membalas dan menjadi tim pertama yang lolos ke babak 8 besar. Cristiano Ronaldo, juga menganggap fakta head to head tak terlalu merisaukannya.
Ia pernah menyatakan secara terang-terangan sangat penasaran untuk bisa membobol gawang Petr Cech. Pasalnya, sejak bermain di Liga Inggris, ia tak pernah mampu mengalahkan Cech, meski musim lalu ia sukses mencetak 42 gol sepanjang musim.
"Siapa pun akan penasaran. Saya mencetak banyak gol tapi tak mampu melakukannya ke gawang Petr Cech. Tentu di setiap kesempatan yang saya peroleh bertemu dia, saya akan mencoba melakukannya," tegas Ronaldo beberapa waktu lalu.
Laga ini juga tak hanya menjadi momen emosional bagi Ronaldo, tapi juga bagi Ricardo Carvalho dan Paulo Ferreira yang notabene rekan Cech di Chelsea. Bahkan bagi pendatang baru Chelsea, Jose Bosingwa yang akan bermain di Stamford Bridge musim depan.

Tidak ada komentar: