Senin, Juni 23, 2008

Hiddink Tahu Kapasitas Kami

Wawancara Ivan Saenko
MENJADI pemain inti di bawah asuhan Guus Hiddink menjadi impian tersendiri bagi Ivan Saenko. Pemain asal klub Bundesliga, Nuremberg ini sangat bersemangat ketika tahu dirinya masuk ke timnas. Satu langkahnya sudah tercapai, bagaimana pandangan Saenko tentang Spanyol dan peluang timnya di semifinal nanti?bagaimana pula pendapatnya tentang Hiddink dan taktik sepakbolanya?berikut petikan wawancara yang diambil dari skysports dan Russiajournal.com.

Anda bermain cukup lama melawan Belanda, Anda merasa senang?
Sepertinya bukan itu masalahnya, tapi aku ingin selalu menjadi bagian dari tim. Itu saja.

Anda merasa pantas masuk timnas?
Kenapa tidak, ini adalah pilihan pelatih. Meski pertama kali sempat membuat kontroversi dan aku sendiri merasa terkejut, tapi itu semua urusan pelatih, aku hanya ingin memberikan yang terbaik bagi negeriku di lapangan.

Tim melangkah ke semifinal dan berpeluang juara, bagaimana perasaan Anda?
Seluruh tim dalam kondisi terbaik, meski ada beberapa pemain yang absen, tapi aku percaya kami bisa berbuat lebih baik dan memberikan kado istimewa bagi Rusia.

Pendapat Anda tentang Spanyol?
Mereka terbilang luar biasa, kami sudah merasakannya di partai pembuka grup. Tapi itu dua minggu lalu, kini kami sudah banyak berubah dan melakukan introspeksi. Jadi Spanyol memang tim istimewa, tapi kami bisa lebih spesial dari mereka. Tunggu saja di partai semifinal nanti.

Rusia dan Spanyol adalah dua tim yang berkarakter menyerang, adakah rahasia tertentu?
Villa dan Torres adalah pemain bertipikal cepat, ditambah gelandang serang mereka yang luar biasa. Tapi bagi kami, semua pemain mereka sangat berbahaya dan kami harus siap menghadapi. Kami percaya pada pelatih saja tentang strategi di lapangan.

Hiddink datang dengan membawa perubahan, bagi Anda?
Jika Anda berada di tim kami, Anda pasti bakal terkejut dengan perubahan drastis ini. Ia adalah pelatih yang memiliki imajinasi luar biasa, tidak pernah mau bertahan dan memiliki variasi serangan yang tak pernah baku. Sedikit banyak, kami bergantung padanya.

Bagaimana tipikal Hiddink di mata Anda?
Dia adalah pelatih yang sangat jeli, dia sangat tahu kapasitas kami, sisi teknik kami dan kemampuan fisik sebagai pemain. Jadi setiap pemain yang ia masukkan ke lapangan adalah strategi yang ia terapkan. Dia tak pernah memilih apakah kami bintang di klub atau bukan, tapi ketegasan dan ketahuannya atas kapasitas kami, itulah istimewanya Hiddink.

Ada yang selalu ia katakan pada Anda dan tim?
Di ruang ganti, kata yang tak pernah kami lupakan adalah 'jangan pernah takut pada siapapun, Rusia adalah negara besar yang pantas berprestasi besar!'. Itulah sebabnya kami selalu tampil ngotot meski mungkin kami harus kalah. (persda network/bud)

Tidak ada komentar: