Selasa, Februari 26, 2008

The Trump Way, The Way to Success

resensi by noenx's
Rahasianya: Kreatif dan Pantang Menyerah!

Saya dijuluki negosiator ulung karena saya biasanya mendapatkan apa yang saya inginkan. Saya ingin bernegosiasi untuk menang dan saya pun menang….Jangan biarkan ekspektasi membelenggu Anda. Kadang Anda harus banting setir, mengubah rencana, bertindak bagaikan psikolog atau sedikit menjadi bunglon untuk mengetahui oendekatan negosiasi terbaik.

KALIMAT yang menggambarkan sosok Donald Trump di atas langsung manyambut pandangan mata kita saat pertama kali membuka “baju” buku berkategori best seller dunia, The Trump Way, The Way to Success. Terjemahan asli judul buku itu, Jalan Trump: Jalan Menuju Sukses, jelas sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi penggiat bisnis dunia.
Merenungi perjalanan sosok pemilik jaringan real estate dan properti yang tersebar dari jajaran kota New York, Los Angeles sampai Hawaii ini tentu tidak ada habisnya. Putaran rollcoaster memang telah menjadikan sosok putra asli negeri Paman Sam ini terlihat kuar. Tidak hanya properti dan real estate, namun saat ini jaringannya sudah merajah unit bisnis parfum, restoran, kasino, pakaian olahraga, jam tangan, kemeja sampai aksesori leher. Sebuah prestasi bisnis luar biasa yang bisa jadi mampu mengilhami kalangan pebisnis di Indonesia.
“Jangan pernah menyerah, rengkuhlah apa yang ingin kau rengkuh, janngan pernah bosan untuk melobi dan takut pada halangan, mengalirlah seperti air namun jangan selemah air ketika harus terpecah menghantam kerikil kecil,”itu satu pesan penting Trump.
Satu lagi, “Orang yang antusias terhadap pekerjaannya tidak memiliki rasa takut apapun terhadap hidup ini” (halaman 226). Corong motivasi jelas menjadi tujuan terakhir buku ini. Bukna hanya untuk sekedar menjadi bacaan penyemangat jiwa, namun nilai filosofis di dalamnya jelas menjadi nilai lebih tersendiri bagi si pembaca.
Meski terbilang masih terlalu tebal untuk ukuran pebisnis Indonesia yang terlalu “sibuk”, setidaknya jalan sukses seorang Donald Trump jelas menjadi inspirasi tersendiri. Paling tidak, segmen intuitif seseorang bakal terangsang. Pelbagai unit langkah yang terlihat sederhana bagi kita, ternyata mampu menjadi titik kunci seorang Trump membangun kerajaan bisnisnya. Bersainglah dengan diri sendiri, jangan menjadi meteorit yang bersinar sekejap lalu lenyap (hal.227).
Membaca isi buku ini membawa sebuah penerawangan logis dikombinasikan dengan unsur statistik realistis yang mampu memberi sebuah pengetahuan, bukan pengajaran. Paling tidak, meski tidak atau belum bisa teraplikasi dalam setiap diri kita, namun mampu memberi tambahan ilmu yang sangat berguna suatu saat.
Sebuah pilihan gaya hidup pun bisa tersarikan dari buku yang baru saja hadir di Indonesia ini. Gaya hidup bukan virtual, melainkan lebih pada habits dan behaviour jelas memberi benefit tersendiri bagi pelaku bisnis. Pun bukan bagi pelaku bisnis, untuk masyarakat biasa kualitas buku ini jelas mampu mengisi resensi ilmu di dalam otak kita masing-masing. Trik, seni, intuitif, nekad, strategi, momentum sampai pada finalisasi dan sentuhan terakhir jelas terasa dalam buku yang disertai contoh nyata bagaimana Anda harus melangkahkan kaki, atau darimana dan bagaimana saat Anda harus pertama kali melangkahkan kaki.
Donald Trump sebenarnya sudah lama menjadi sorotan. Sepak terjangnya di dunia bisnis negeri Paman Sam jelas memiliki kelas tertinggi. Fenomena manajerial bisnisnya telah menjadi inspirasi banyak orang, langkah-langkah intuitif penuh perhitungan telah mengantarkannya menjadi seorang entrepeneur sejati. Beranjak dari hal kecil, kini Donald telah memiliki aset puluhan triliun yang tersebar dalam puluhan jenis binis baik di USA maupun di beberapa kota besar di Eropa lainnya.
Fakta bahwa dia berhasil membangkitkan kembali kerajaan bisnisnya dan menjadi miliarder setelah tenggelam dalam utang sebesar 9 miliar dolar AS membuat kisah hidupya menjadi semakin luar biasa.
Sosok pria ini mengenal dunia bisnis dari segala perspektif, dari segala sudut, atas maupun bawah dari dalam maupun luar. Dalam inti buku ini pun, Anda akan menyimak pelbagai prinsip praktis yang selama ini memandu karirnya.
Buku ini memang dihadirkan secara spesial bagi kalangan yang tengah beranjak dari keterpurukan ataupun yang tengah menjaga motivasi. Buku ini sendiri bukan bermaksud untuk menggurui ataupun menyatakan apa yang tertera bisa menjadi kunci, namun buku ini lebih kepada memberikan pengetahuan, wawasan dan tambahan psikologi bahwa hal yang tak biasa bisa menjadi luar biasa dan hal yang tdak bisa dijangkau menjadi sesuatu yang bisa dijangkau bahkan dengan mudah sekalipun.
Beberapa prinsip dan jalan seorang Trump terpampang jelas di buku ini. Jika memang tidak mempunyai waktu banyak, jelas poin-poinnya saja sudah mampu kita jabarkan. Sebuah hal yang sebenarnya sepele namun terkadang kita lupakan dalam setiap langkah.
Modal pertama menurut Trump adalah jangan pernah menyia-siakan hidup Anda untuk pekerjaan yang tidak Anda sukai, tetapkan standar tinggi, berpikir skala, memiliki keteguhan, tanpa pengetahuan Anda tak punya peluang, tidak pernah takut untuk dipecat, bukti dalam tindakan tidak hanya retorika semata dan penggunaan naluri adalah nasehat terbaik.
Sisi lainnya antara lain, belajar itu menyenangkan, melihatlah semuanya secara menyeluruh, menunggu peluang yang tepat, hindari pola yang sama, selalu berbuat lebih, hasil lebih penting daripada cara, perlakukan pekerjaan Anda sebagai seni, ikuti perkembangan, ketegaran butuh keberanian, berpetualang, kepercayaan diri dan memanfaatkan momentum potensial Anda. Yang terakhir tentu jangan pernah menyerah untuk menggali diri Anda supaya melesat dan konsentrasi pada target bukan pada alat. Tak salah jika The New York Times mengungkapkan buku ini sebagai solusi mutakhir kebuntuan bisnis. (persda network/nurfahmi)

Tidak ada komentar: